Asesmen Penguasaan Konsep Torka

lampu belajar
4

Asesmen Penguasaan Konsep Torka

1 / 7

Sebuah gaya F = 300 N berkerja tepat pada pertengahan sebuah batang sebagaimana dengan gambar. Apabila panjang batang adalah 1 meter, tentukan torka terhadap titik O.

soal 1 dinamika rotasi

2 / 7

Sebuah tongkat homogen bermassa 2 kg. Mengalami gaya F1, F2, F3, dan F4 dengan besar masing2 sebagaimana tertera pada gambar. Tentukan besar dan arah torka terhadap titik O (Titik pusat massa tepat berada di tengah tongkat)

3 / 7

Kapten Jek Svaro dan Kapten Lupi berseteru memperebutkan kendali stir kapal. Keduanya memberikan gaya pada pinggir stir dengan besar dan arah seperti gambar. Siapa yang menang? bagaimana arah putaran stir?

4 / 7

Gambar di bawah adalah gambar pintu putar. Terdapat pintu A, pintu B, dan Pintu C yang memiliki panjang masing-masing L. Berlaku gaya pada pintu A dan pintu B dengan besar dan arah sesuai dengan gambar. Supaya ketiga pintu ini tidak berputar, berapakah gaya pada pintu B?

5 / 7

Benda bermassa 40 kg berada di salah satu ujung jungkat-jungkit sebagaimana gambar di atas. Berapakah gaya F agar jungkit-jungkit tepat akan bergerak???

6 / 7

Sebuah katrol berjari-jari 40 cm berotasi dengan poros menembus pusat massa katrol yaitu tepat di tengahnya. Berlaku 2 gaya sebagaimana ditunjukkan oleh gambar. Hitunglah momen gaya yang dialami oleh katrol

7 / 7

Tentukan torka total yang berkerja pada roda dalam gambar jika a = 20 cm, dan b = 40 cm.

Your score is

The average score is 29%

0%