Gaya Coulomb: Rumus dan Penjelasan

By a Guy Who Teaches Physics for Fun
Gaya coulomb atau gaya listrik adalah gaya yang muncul akibat adanya muatan listrik. Gaya coulomb merupakan salah satu dari gaya alam. Anda dapat menghitung gaya coulomb menggunakan rumus di bawah.

Rumus Gaya Coulumb

Rumus Gaya Coulomb
Rumus Gaya Coulomb
Rumus hanya menghitung besar gaya coulomb dan tidak menentukan arahnya.
Rumus berlaku jika muatan memenuhi persyaratan model titik muatan.

Arah Gaya Coulomb

Rumus di atas hanya menghitung besar gaya coulomb. Arah gaya coulomb adalah sebagaimana telah dijelaskan pada artikel percobaan listrik statis yaitu muatan sejenis tolak menolak dan muatan tidak sejenis tarik-menarik.
Menentukan arah gaya coulomb sangat penting terutama pada kasus ketika terdapat lebih dari satu gaya coulomb yang dialami oleh titik muatan. Sederhananya, apabila gaya coulomb mengarah ke kanan atau ke atas maka gaya coulomb bernilai positif. Sebaliknya, jika gaya coulomb mengarah ke kiri atau ke bawah maka gaya coulomb bernilai negatif.

Satuan dan Dimensi

Satuan internasional gaya coulomb adalah Newton (N). Dimensi gaya coulomb adalah \left [ M \right ]\left [ L \right ]\left [ T \right ]^{-2}

Gaya Coulomb Akibat Banyak Titik Muatan

Terdapat kasus di mana sebuah muatan mengalami lebih dari satu gaya coulomb. Perhatikan gambar pertama pada slide gambar di bawah, muatan q_{2} mengalami dua gaya coulomb akibat q_{1} dan q_{3}. Anda dapat menghitung gaya resultan pada muatan q_{2} namun Anda harus berhati-hati dalam melakukannya karena Anda harus jeli memberikan tanda positif atau negatif pada masing-masing gaya. Silakan lihat slide gambar di bawah untuk memahami lebih lanjut.

Gaya Coulomb 2 Dimensi

Penggunaan persamaan Coulomb juga berlaku pada kasus di mana sebuah titik muatan acuan bereaksi dengan banyak titik muatan lainya pada sebuah bidang 2 dimensi. Perhatikan gambar berikut.
Pada kasus ini, penghitungan gaya coulomb memerlukan Anda untuk menerapkan konsep trigonometri dan vektor. Anda perlu menguraikan semua vektor gaya yang berlaku pada muatan q_{2} untuk menemukan gaya resultan.
Ada baiknya jika Anda membaca artikel kami tentang operasi vektor di bawah ini.
Kami juga memiliki contoh soal dan pembahasan gaya coulomb yang pas untuk belajar mandiri.
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Bagikan Ke Teman Anda
Pos Terkait