Kindle for PC: Cara Menggunakan dan Memasang

By a Guy Who Teaches Physics for Fun
Top page

Pengalaman penulis menggunakan Kindle for PC

Saya dulu sering menggunakan PDF reader untuk membaca ebook dan saya tidak pernah menyelesaikan satu buku pun.

Setelah saya menggunakan Kindle, saya bisa menghabiskan 1 buku penuh hanya dalam 3 hari jika intensif. Dan dalam sebulan saya bisa menyelesaikan 4 buku. Apa sih yang membuat Kindle unggul?

Izinkan saya mengenalkan Kindle for PC kepada Anda, Saya harap dengan menggunakan kindle Anda dapat menjadi pembaca buku yang lebih baik.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Bagikan ke Teman Anda

Apa itu Kindle for PC

Kindle adalah perangkat lunak pembaca ebook. Kindle memiliki fitur sebagai berikut:

  1. Mengubah ukuran font dan jarak paragraf
  2. Mengubah latar belakang tulisan (Putih, Hitam, dan Sepia)
  3. Memberi highlight (mewarnai tulisan yang menurut Anda penting)
  4. Mengumpulkan seluruh highlight Anda menjadi suatu rangkuman tertulis.
  5. Mengumpulkan seluruh ebook Anda, sehingga memberikan Anda kemudahan untuk mencari ebook yang ingin Anda baca.
Seluruh fitur tersebut bertujuan untuk memberikan Anda pengalaman membaca yang nyaman dan efektif.
Penting : Kindle hanya mampu membaca ebook dengan ekstensi .mobi dan .pdf. Tapi tenang saja, Anda dapat konversi ekstensi ebook Anda dengan online converter.

Keunggulan Kindle

1. Anda dapat memilih warna highlight yang Anda inginkan

Pada pdf reader biasa, Anda hanya bisa memberi highlight dengan satu warna yaitu warna kuning. Kindle menawarkan 4 warna yang berbeda , sehingga Anda bisa mengkhususkan setiap warna highlight untuk tujuan tertentu. Perhatikan Ilustrasi di bawah.
Anda dapat memberi highlight tulisan yang menurut Anda penting. Cukup blok tulisan yang ingin Anda highlight kemudian pilih warna apa yang Anda sukai.

2. Anda dapat memanjakan mata Anda dengan mengatur font dan Spacing sesuai keinginan Anda

Dengan kindle Anda memiliki keleluasaan untuk mengatur aturan font berserta jarak paragraf. Dan selain itu Anda dapat mengganti warna latar belakang sesuai kenyamanan Anda. Disediakan putih, Hitam, dan sepia. Dan juga Anda dapat mengatur jumlah row pada layar Kindle Anda. Perhatikan ilustrasi berikut.

Saya sarankan Anda untuk membaca tulisan dengan font yang cukup besar sehingga mata Anda tidak selalu fokus ketika membaca. Saya juga sarankan untuk melonggarkan jarak paragraf Anda.
Saya sarankan juga untuk  menggunakan warna sepia dan gunakan filter untuk memanjakan mata dan tidak membuat mata cepat Lelah.
Anda juga dapat mencoba-coba sendiri untuk menemukan pengaturan yang nyaman bagi Anda.
Penting : Jika ebook Anda berupa file pdf Anda tidak bisa menggunakan fitur ini.  Anda harus memiliki ebook dengan ekstensi .mobi jika ingin menggunakan fitur ini. Apabila ebook Anda memiliki ekstensi .epub, Anda dapat konversi ebook Anda menjadi .mobi.  Berikut link online epub to mobi converter. Anda masih bisa membaca PDF melalui kindle tetapi Anda tidak bisa mengubah font dan jarak.

3. Anda dapat memiliki rangkuman dari buku yang telah Anda baca

Ketika selesai membaca buku tentu Anda ingin memiliki sebuah catatan yang ingin Anda lihat lagi di kemudian hari. Di sinilah Kindle bersinar.
Anda dapat mengumpulkan seluruh tulisan yang Anda highlight menggunakan fungsi export pada Kindle. Kindle akan konversi seluruh teks yang telah Anda highlight menjadi file HTML (Menjadi teks yang dapat dibuka oleh Google Chrome). Dan Anda dapat mengubah file HTML tersebut menjadi file .doc atau .pdf dengan menggunakan online converter. Berikut adalah ilustrasi fitur rangkuman Kindle for PC.
Untuk mendapatkan rangkuman Anda dapat klik show notebook, kemudian klik export, kemudian klik save as, dan kemudian ok. Semua teks yang telah Anda highlight akan terkumpul dan menjadi catatan dalam bentuk HTML  Gif berikut menunjukkan tata caranya.

Cara Install Kindle

Anda dapat memasang Kindle pada PC Anda dengan syarat Anda harus memiliki akun Amazon. Dan Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat membuat akun amazon tanpa biaya sama sekali.

Silakan klik link untuk mendaftar akun baru amazon.

Jika Anda sudah memiliki akun Amazon silakan klik link untuk download kindle. Instal seperti biasa.

Anda tidak perlu membeli buku luar negeri dari Kindle store jika tidak sanggup, cukup cari ebook gratis di Internet.

Tips Membaca Buku

Anda dapat memulai dengan memasang target 2 halaman per hari terlebih dahulu. Kemudian setelah seminggu Anda naikkan menjadi 3 halaman per hari. Seiring bertambahnya waktu, Anda terus naikkan jumlah halaman per hari Anda. 

Anda tidak perlu setia pada satu buku saja. Silakan ganti-ganti buku yang menurut Anda menarik yang penting target hariannya tercapai. 

Intinya, yang paling penting itu habit membaca sedikit demi sedikit tapi berkelanjutan.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Bagikan ke Teman Anda
Pos Terkait

Tinggalkan Balasan