Penetralan Benda Bermuatan Listrik (discharging)

Materi Listrik Statis Fisika
By Just a Guy Who Teaches Physics for Fun
Top page

Menetralkan Benda yang Telah Bermuatan Listrik

Sebagaimana benda dapat bermuatan, benda juga dapat kehilangan muatannya.

Sebuah konduktor yang bermuatan akan membagikan sebagian muatannya apabila disentuh dengan konduktor lainya. Apabila kedua konduktor sejenis dan bermassa sama maka muatan akan terdistribusi setengah-setengah. Perhatikan gambar berikut.

Pada gambar terlihat bola konduktor B  awalnya memiliki muatan +q. Setelah disentuh dengan bola konduktor A yang netral dan identik, Bola Konduktor memberikan setengah muatannya kepada Bola konduktor A. Setelah sentuhan total muatan kedua bola konduktor tersebut tetap sama yaitu +q.
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Bagikan ke Teman Anda
Namun akan berbeda jika konduktor bermuatan terhubung dengan konduktor yang amat besar. Sebagian besar muatan pada konduktor akan berpindah ke konduktor yang besar tersebut. Perhatikan gambar berikut.
Pada gambar terlihat Bola Konduktor B netral disentuhkan dengan bola konduktor A yang bermuatan. Dikarenakan bola konduktor B memiliki ukuran yang besar, bola konduktor B menampung lebih banyak muatan dibandingkan dengan bola konduktor A

• Penetralan melalui grounding

Bumi adalah konduktor yang sangat besar. Apabila sebuah benda bermuatan dihubungkan dengan bumi(grounding) maka bisa dikatakan seluruh muatan akan mengalir ke bumi. Alhasil benda tersebut menjadi netral.

• Sentuhan manusia juga dapat menetralkan benda bermuatan.

Tubuh manusia memilik terdiri dari air dan ion-ion seperti Na+ Cl- sehingga tubuh manusia juga merupakan sebuah konduktor. Menyentuh benda bermuatan dengan tangan Anda akan membuat sebagian besar muatan berpindah pada tubuh Anda. Perhatikan gambar di bawah.
Muatan negatif pada bola konduktor menyebar pada tubuh manusia penyentuh meninggalkan hanya sebagian kecil muatan pada bola tersebut. Perlu diingat bahwa hal yang hampir sama terjadi apabila Anda menyentuh permukaan isolator bermuatan. Apabila Anda menyentuh permukaan isolator yang bermuatan maka Anda dapat menetralkan isolator tersebut.
HATI-HATI KESETRUM Jangan menyentuh benda bermuatan listrik yang besar. Minta pengawasan ahli ketika melakukan eksperimen.

Apa yang terjadi ketika Anda menggosok konduktor dengan kain?

Apabila Anda menggosok batang konduktor menggunakan kain seperti Anda menggosok batang plastik, Anda tidak akan membuat batang konduktor bermuatan walaupun Anda menggosok seharian. Masalah utamanya adalah tangan Anda.
Muatan yang diterima batang konduktor akibat gesekan akan segera mengalir ke tangan Anda dan tubuh Anda dan kemudian ke bumi dikarenakan tubuh Anda juga merupakan sebuah konduktor. Batang konduktor ternetralkan dalam seketika.
Pada batang plastik hal ini tidak terjadi. Selama tangan Anda tidak menyentuh langsung permukaan yang bermuatan, muatan batang plastik tidak akan ternetralkan.
Upaya yang lebih baik untuk memberikan muatan pada konduktor melalui gosokan adalah pada saat digosok, konduktor tidak boleh tersentuh dengan tangan atau konduktor lain yang dapat mengalirkan muatan ke bumi. Anda dapat menggunakan sarung tangan yang terbuat dari bahan isolator, sehingga muatan yang diterima oleh bahan konduktor tidak bisa mengalir ke tubuh Anda. Dengan begitu muatan tetap akan bertahan pada batang konduktor dan tidak mengalir ke tangan Anda.
Walaupun begitu, muatan yang dimiliki konduktor akan tersebar secara merata pada permukaan konduktor dan seketika dapat dinetralkan oleh molekul air di udara.  Kesimpulannya, tidak mustahil untuk membuat konduktor bermuatan melalui gosokan tetapi sangat sulit.

Rangkuman

  1. Sebuah benda bermuatan dapat kehilangan sebagian muatannya akibat bersentuhan dengan konduktor
  2. Benda bermuatan dapat kehilangan seluruh muatannya apabila menyentuh konduktor yang sangat besar
  3. Konduktor yang diberi muatan dengan gosokan akan ternetralkan secara seketika

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Bagikan Ke Teman Anda
Pos Terkait