Percobaan Listrik Statis dan Alternatif yang Anda Dapat Lakukan Di Rumah

By a Guy Who Teaches Physics for Fun
Percobaan listrik statis Kaca bermuatan dengan plastik bermuatan saling tarik menarik
Mari kita mulai pembelajaran dengan menyaksikan percobaan listrik statis. Percobaan listrik statis standar yang dilakukan adalah menggosok kaca dengan kain sutra atau menggosok plastik dengan kain wol. Tetapi tahukah Anda bahwa percobaan listrik statis juga dapat dilakukan dengan kain selain sutra dan wol?
Bagikan ke Teman Anda
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

Kaca dan Plastik digosok dengan Kain Fur

Silakan saksikan video (a) dan video (b) di bawah untuk melihat percobaan listrik statis dengan menggunakan kain selain sutra dan wol yaitu fur.
*Kain Fur adalah kain terbuat dari rambut atau bulu mamalia seperti beruang dan serigala. Sedangkan kain wol adalah kain yang terbuat dari bulu domba. Baik fur, wol, ataupun rambut manusia semuanya mampu memberikan muatan pada plastik atau kaca melalui penggosokan.

*media video tidak ditampilkan pada website karena alasan hak cipta. Silakan lihat langsung di youtube dengan klik gambar.

Video (a) merekam dua buah batang kaca yang digosok dengan kain fur.  Kedua batang tersebut mengalami gaya tolak-menolak ketika didekatkan.
Pada video (b),  batang kaca dan batang plastik yang telah digosok dengan kain fur mengalami gaya tarik menarik ketika didekatkan.

*Apabila Anda menggosok kain sutra dengan kaca atau menggosok kain wol dengan plastik maka hal yang serupa juga terjadi sebagaimana dengan video di atas. 

Peristiwa batang yang saling tarik-menarik dan tolak-menolak diakibatkan oleh muatan listrik. Batang kaca dan batang plastik yang awalnya netral menjadi bermuatan karena pergesekan antara kain dengan batang.
Percobaan listrik statis berikutnya adalah mendekatkan dua batang plastik yang telah digosok dengan kain fur. Anda akan menyaksikan kedua batang akan saling tolak-menolak. Perhatikan video (c) berikut.

Video (c) 2 batang plastik digosok dengan kain fur dan kemudian kedua batang tersebut didekatkan.

Benjamin Franklin melakukan percobaan listrik statis dengan menggosokkan berbagai macam material. Dia menetapkan bahwa muatan yang dimiliki kaca adalah positif dan yang dimiliki oleh plastik adalah negatif. Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah:
“Benda dapat bermuatan positif atau negatif. Benda yang bermuatan sama saling tolak-menolak. Benda yang bermuatan berbeda akan saling tarik-menarik.”

Slide gambar di bawah merupakan ilustrasi percobaan batang kaca dan batang plastik.

Benda Bermuatan Didekatkan dengan Potongan Kertas dan Air Keran

Percobaan listrik statis berikutnya yang dapat dilakukan adalah mendekatkan benda bermuatan dengan potongan kertas kecil. Anda dapat melihat percobaan tersebut pada video (d) di bawah.
Masih ada satu lagi percobaan listrik statis yang dapat dilakukan yaitu mendekatkan benda bermuatan dengan air keran yang mengalir. Silakan lihat percobaan tersebut pada video (e) di bawah.

Percobaan Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Percobaan listrik statis di atas memerlukan peralatan yang lumayan sulit untuk ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penulis memaparkan beberapa alternatif percobaan listrik statis yang mudah untuk dilakukan.
*Klik link di atas untuk melihat video di youtube

Kendala Percobaan Listrik Statis

Saya sudah melakukan percobaan listrik statis namun kenapa saya tidak melihat ada gaya tarik-menarik atau tolak-menolak? kenapa saya tidak melihat kertas tertarik atau menempel? Kenapa saya tidak melihat air keran membelok?
Percobaan listrik statis mudah dilakukan ketika kelembapan udara rendah. Orang luar negeri dapat dengan mudah melakukan percobaan ini ketika sedang musim salju karena kelembapan udara yang rendah.
Kita yang tinggal di negara dengan iklim tropis lembap akan kesulitan jika melakukan percobaan ini. Hal tersebut karena kelembapan udara yang tinggi. Molekul air (H2O) di udara dapat menempel pada benda bermuatan dan menetralkan benda tersebut.
Molekul air memiliki sisi negatif dan sisi positif secara alami,  perhatikan gambar (d) . Kondisi ini disebut dengan “Polar”.  Karena kepolaran tersebut, molekul air di udara berinteraksi dengan permukaan benda bermuatan. Anda dapat lihat pada gambar di bawah.
Apabila udara lembap, benda bermuatan positif atau negatif dapat menarik partikel air di udara. Benda bermuatan positif akan menarik sisi negatif partikel air (Gambar e) sedangkan benda bermuatan negatif akan menarik sisi positif partikel air (Gambar f).
Penetralan terjadi ketika banyak molekul air bersentuhan dengan permukaan benda. Benda yang awalnya bermuatan kehilangan muatannya secara perlahan. Semakin lembap udara maka semakin cepat benda kehilangan muatannya.
Untuk mempelajari apa yang terjadi pada penggosokan tribolistrik? silakan lihat artikel berikut dengan klik link biru di bawah.
Percobaan listrik statis Kaca bermuatan dengan plastik bermuatan saling tarik menarik

Rangkuman

  1. Kaca bermuatan positif setelah digosok dengan kain sutra atau kain fur.
  2. Plastik bermuatan negatif setelah digosok dengan kain wol atau kain fur.
  3. Dua benda bermuatan sejenis saling tolak-menolak
  4. Sedangkan dua benda bermuatan berbeda akan saling tarik menarik
  5. Benda bermuatan dapat menarik potongan kertas dan membelokkan air keran
  6. Secara perlahan, benda bermuatan dapat kehilangan muatannya akibat molekul air di udara

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Bagikan ke Teman Anda
Pos Terkait

Tinggalkan Balasan