Polarisasi Konduktor dan Elektroskop

By a Guy Who Teaches Physics for Fun
Top page

Polarisasi Pada Bahan Konduktor

Polarisasi pada bahan konduktor terjadi akibat “lautan elektron” yang bereaksi akibat muatan eksternal. Pada bahan konduktor, “lautan elektron” dapat bergeser menjauhi atau mendekati muatan eksternal. Sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengamati polarisasi pada bahan konduktor adalah elektroskop. Silakan klik link di bawah untuk melihat sebuah video di youtube.

Mengapa Katup Elektroskop Terbuka?

Pada video ditunjukkan bagaimana katup elektroskop saling tolak menolak ketika kepala elektroskop didekatkan dengan benda bermuatan. Anda dapat memahami apa yang terjadi dengan melihat gambar di bawah.
Polarisasi elektroskop
Polarisasi elektroskop

Elektroskop mengalami polarisasi. Batang bermuatan positif membuat “lautan elektron” konduktor bergeser mendekati batang tersebut.

Dikarenakan hal tersebut katup elektroskop kehilangan sebagian elektronnya dan akhirnya bermuatan positif dan akan saling tolak menolak.

Polarisasi konduktor tidak hanya terjadi pada elektroskop namun juga pada benda lain yang terbuat dari bahan konduktor.

Creaticals memiliki artikel Listrik Statis: Konduktor dan Isolator. Ayo kunjungi untuk mempelajari sifat kelistrikan konduktor dan isolator lebih mendalam.

Penjelasan Polarisasi pada Konduktor

Berdasarkan percobaan elektroskop kita dapat memahami watak dari bahan konduktor.
Polarisasi konduktor
Perhatikan gambar di atas. Misalkan ada sebuah batang konduktor(besi/aluminium/tembaga) yang bermuatan netral, mari kita beri nama batang A. Kemudian kita juga memiliki batang B yaitu batang bermuatan positif akibat penggosokan tribolistrik. Reaksi yang terjadi adalah, elektron-elektron pada batang A akan bergerak mendekati B. Hal ini menyebabkan ujung sebelah kanan batang A akan bermuatan negatif sedangkan ujung sebelah kiri menjadi bermuatan positif. Perlu diingat bahwa muatan batang A secara keseluruhan masih netral hanya saja muatan positif dan negatifnya terpisah. “Perpisahan” dari 2 hal yang kontras, pada kasus ini muatan positif dan negatif, secara bahasa disebut “polarisasi”.

Induksi konduktor

Mekanisme polarisasi yang dialami bahan konduktor ini kemudian dapat kita manipulasi untuk membuat sebuah konduktor yang netral menjadi bermuatan. Caranya adalah dengan menghubungkan konduktor dengan grounding(bumi).
induksi konduktor
Perhatikan gambar di atas. Sebuah konduktor mengalami polarisasi. Kemudian konduktor tersebut dihubungkan dengan grounding. Yang terjadi selanjutnya adalah, elektron konduktor akan mengalir ke grounding. Setelah itu, kita putus hubungan grounding dengan konduktor. Alhasil, kita sekarang memiliki konduktor yang bermuatan positif. Peristiwa ini kita sebut sebagai “induksi” muatan.
Demikianlah penjelasan kami terkait polarisasi yang terjadi pada elektroskop dan bahan konduktor. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke teman atau siswa Anda, dengan begitu Anda dapat membantu pengembangan website kami. Anda juga dapat melihat konten keren kami lainnya, cukup kunjungi homepage kami.
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Bagikan ke Teman Anda
Pos Terkait

Tinggalkan Balasan