Usaha dan Energi: Semua Rumus, Penjelasan, Pemetaan materi, Contoh Soal dan Pembahasan

By a Guy Who Teaches Physics for Fun
Pada Artikel ini kami akan memetakan keseluruhan materi dan mengumpulkan seluruh rumus usaha dan energi. Setiap rumus kami jelaskan dengan artikelnya masing-masing. Gunakan daftar konten di bawah untuk mencari konten yang Anda inginkan.
DAFTAR KONTEN
    Add a header to begin generating the table of contents

    Penjelasan Usaha dan Energi

    Ilustrasi mendorong motor dan sepeda
    Usaha dan energi sebenarnya dapat kita pelajari melalui aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Misalkan Ayu mendorong sepeda ayuh sejauh 10 meter, dan di saat bersamaan Budi mendorong sepeda motor sejauh 10 meter. Siapakah di antara Ayu dan Budi yang melakukan usaha lebih besar?
    Usaha Budi lebih besar daripada usaha Ayu karena Budi memerlukan gaya lebih besar untuk mendorong sepeda motor yang berat.
    Anda dapat memahami usaha sebagai bentuk transfer energi. Pada kasus ini, energi kimia di dalam tubuh digunakan untuk mendorong sepeda ayuh dan sepeda motor. Pada kasus tersebut, Budi menghabiskan lebih banyak energi daripada Ayu.
    Misalkan kasusnya kita rubah sedikit, sekarang Ayu mendorong sepeda motor juga tetapi sejauh 20 meter. Siapa yang melakukan usaha lebih besar?
    Tentu Ayu, Ayu melakukan usaha lebih besar daripada Budi karena jarak tempuh Ayu lebih jauh daripada jarak tempuh Budi.
    Jadi ketika seseorang melakukan usaha pada suatu benda ada 2 besaran yang perlu kita lihat yaitu F (gaya) dan s (jarak).
    Share on whatsapp
    Share on facebook
    Share on twitter
    Share on telegram
    Bagikan ke Teman Anda
    Rumus Usaha dan Energi

    Satuan dan Dimensi Usaha dan Energi

    Usaha dan energi adalah besaran skalar. Satuan internasionalnya adalah Joule (bacanya juul, lambangnya J). Dimensinya adalah J \rightarrow N m \rightarrow k g \frac{m}{s^{2}} m \rightarrow[M][L]^{2}[T]^{-2}.

    Kumpulan Rumus Usaha dan Energi Berserta Pemetaan Materi

    Di bawah ini kami mengumpulkan semua rumus usaha dan energi yang kami lengkapi dengan gambar berserta contoh soal dan pembahasan. Kami membagi materi menjadi 13 bagian.
    Anda dapat menggeser gambar untuk melihat slide berikutnya.

    1. Usaha pada Bidang Datar

    Ada 3 bentuk rumus usaha pada bidang datar. Anda dapat melihat contoh soal dan pembahasan serta mempelajari lebih lanjut dengan membaca artikel kami Usaha oleh Gaya Konstan Pada Bidang Datar.

    2. Energi Kinetik

    Energi kinetik adalah energi yang benda miliki ketika bergerak. Semakin besar massa dan kecepatan benda maka semakin besar pula energi kinetiknya. Anda bisa lihat belajar lebih lanjut dengan contoh soal dan pembahasan dengan membaca artikel energi kinetik kami.

    3. Energi Potensial

    Energi potensial adalah energi yang benda miliki akibat posisinya. Energi potensial merupakan potensial usaha yang benda alami akibat gaya konservatif. Anda dapat mempelajari energi potensial gravitasi lebih mendalam dan lebih lengkap dengan membaca artikel energi potensial gravitasi kami.

    4. Grafik Usaha

    Terkadang gaya yang benda alami tidak konstan sehingga tidak bisa dihitung dengan menggunakan rumus W=Fs. Kita perlu menggunakan grafik ketika gaya yang benda alami tidak konstan. Usaha yang benda alami adalah luasan di bawah grafik. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan beberapa contoh soal dengan membaca artikel grafik usaha kami.

    5. Makna Nilai Positif, Negatif, dan Nol Usaha

    Terkadang Anda dapat usaha yang bernilai positif, negatif, dan nol. Mengapa usaha dapat bernilai negatif? apa artinya? Kami jelaskan pada artikel makna usaha.

    6. Usaha Oleh Gaya Konservatif

    Ada jenis gaya yang disebut sebagai gaya konservatif seperti gaya gravitasi, gaya pulih pegas, dan gaya listrik. Benda yang mengalami usaha ketika hanya satu gaya konservatif yang berlaku memiliki rumus usaha sebagaimana ditunjukkan pada gambar di atas. Ayo pelajari lebih dalam lagi dengan studi kasus di artikel kami usaha oleh gaya konservatif.

    7. Usaha Oleh Gaya Non Konservatif

    Gaya gesek kinetik, gaya gesek udara, gaya tarik, dan gaya dorong merupakan contoh gaya non konservatif. Gaya non konservatif dapat berlaku pada benda bersamaan dengan gaya konservatif. Pada kasus tersebut, kita menggunakan rumus sebagaimana di atas. Pelajari lebih lanjut dengan contoh soal dan pembahasan pada artikel usaha oleh gaya non konservatif.

    8. Usaha pada Bidang Miring

    Usaha pada bidang miring kita bagi menjadi 2 tipe: 1) Ketika hanya konservatif yang berlaku, 2) Ketika berlaku gaya non konservatif dan konservatif secara bersamaan. Kami jelaskan secara mendalam pada artikel usaha pada bidang miring.

    9. Hubungan Usaha dan Energi

    Hubungan usaha dan energi menjelaskan bagaimana usaha dapat menambah/mengurangi energi kinetik dan energi potensial. Ada 3 rumus yang menjelaskan hubungan ini. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan membaca artikel hubungan usaha dan energi.

    10. Konservasi Energi Mekanik

    Ketika hanya berlaku gaya konservatif, berlaku konservasi energi mekanik. Konservasi energi mekanik menyatakan bahwa pada keseluruhan pergerakan benda dari posisi 1 ke 2 ke 3 dan seterusnya, energi mekanik benda tetap konstan. Silakan baca artikel konservasi energi mekanik untuk mempelajari lebih lanjut.

    11. Usaha dan Energi Pada Pegas

    Pada pegas, rumus usaha dan energi sedikit berbeda. Anda dapat melihat rumus usaha ketika benda ditarik, energi potensial pegas, usaha oleh gaya pulih pegas, dan konservasi energi mekanik pegas pada slide gambar dia atas. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan membuka artikel usaha dan energi pegas.

    12. Daya

    Daya adalah ukuran seberapa cepat transfer energi(usaha) terjadi. Ada 2 rumus yang Anda dapat gunakan sebagaimana slide gambar di atas. Silakan buka artikel daya yang kami buat untuk mempelajari daya lebih lanjut.

    13. Aplikasi Usaha Dan Energi Pada Kehidupan Sehari-hari

    Kami membahas 3 aktivitas di mana kita bisa mengaplikasikan konsep usaha dan energi. Ketiga aktivitas tersebut adalah bungee jumping, tanjakkan darurat, dan mengukur kalori dalam makanan. Semuanya kami bahas pada artikel aplikasi usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

    Penutup

    Apakah artikel dari creaticals bermanfaat untuk Anda? silakan bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Anda juga dapat belajar listrik statis di situs ini dengan klik listrik statis.
    Share on whatsapp
    Share on facebook
    Share on twitter
    Share on telegram
    Bagikan ke Teman Anda
    Sumber art dan media : Freepik, Vecteezy, dan Publicdomainpictures.

    Tinggalkan Balasan